Rabu, 10 Desember 2014

Salah Kaprah sama IKK (Ilmu Keluarga dan Konsumen) :D

yak, cerita mahasiswa akhir di Departemen Ilm Keluarga dan Konsumen, kita singkat saja IKK seperti biasanya.

"aaahhh IKK mah gampang,.. paling ya gitu-gitu doang, gimana ngasuh anak yang baik, ngarahin ibu-ibu PKK" mungkin itu yang ada dibenak mahasiswa lain ketika ditanya tentang IKK.

Helloowwwww?!
that's totally a big mistake! hahahahah

Biarkan saya jelaskan teman-teman :)

IKK itu belajar tentang ilmu sosial, yang dipelajari itu adalah manusia. manusia itu adalah suatu hal yang abstarak, gak bisa ditebak. gak bisa tuh namanya disamakan dengan ilmu eksak yang 1 +1 hasilnya pasti 2.
di IKK, tugas praktikumnya itu nyari responden. ya klo gak keluarga, anak, dan konsumen. nah kalau uda nyari responden, kita keliling-keliling,  nyari yang pas usianya atau yang pas kriterianya..
nah klo ngukur perilaku manusia?? apa ada yang tau sebenarnya sesorang itu merasakan apa yang ada di hatinya dan apa yang dipikirkannya saat itu ketika melakuka pembelian atau mengasuh anak? apakah hanya ingin menampakkan yang baik ketika diukur atau bagaimana?
punya pertanyaan yang besar ketika kita ingin mengukur manusia. karena sosial lebih jatuhnya kualitatif, maka di IKK itu diperkuat dengan statistikaya juga. agar bisa diperkuat dengan penelitian kuantitatif..
that's not a simple job guys.
curahatan hati yang tingkat akhir, nyari respoden, dioleh pake spss (kayak uda penelitian aja..) dan itu waktu pengumpulan tugasnya gak lama..

siapa bilang IKK gampang?
saran siih.. kalau mau cari ilmu, tepat banget ngambil SC (supporting course) IKK. tapi kalau mau cari nilai doang, disaranin lurusin niatnya deh.. yang ada sakit hati karena gak sesuai dengan harapan karena niatnya uda salah diluan.. hihi gak sedikit sih yang dapet C. so, jangan menggampangkan ya guys. Ilmu di IKK itu Subhanallah bermanfaat banget untuk masa depan, jangan disiasiain..
kita aja yang uda tingkat akhir baru kerasa mumetnya sekarang.. ektrak-ekstak materi kuliah itu bermuara di semester 7 ini lah.. karena uda mulai penelitian sih.. hihi
kalau mau nyari ilmu kayak gini, harus bayar ratusan hingga jutaan klo ikut seminar-seminar gitu. bayangin deh, harga seminar dan pelatihan parenting berapaan sekarang? apalagi tentang karakter? keluarga?  anak? konsumen? gak murah kan.. nah mikirnya jangka panjang sih..

jadi IKK itu gimana sih?
IKK itu belajar tentang manusia, yang diukur itu manusia yang khususnya anak, keluarga, dan konsumen. yang dibahas iu berdasarkan teori dan penelitian yang di Indonesia belum banyak dan malah belum ada. nah, jadi literaturnya kebanyakan dari barat dan siap-siap aja materi kuliahnya juga Inggris. hihi
kalau ditanya laporan, iya kita juga tugasnya laporan. tetapi, ditambah dengan survey dan nyari responden. jadi gak cuma menguras otak, tapi raga juga.
dosen kita aja sering bilang, siapa bilang ilmu sosial itu mudah? ini nih liat, sambil nerangin kulah.. kita cuma bisa merengut, mikir.. butuh pemahaman, gak cuma sekedanr ngerti kalau mareri di IKK itu.


so, siapa yang bilang IKK itu jurusan yang bisa dipandang sebelah mata?
belum tau aja,. hiihii

yaaah anyways, bagaimanapun kata orang, saya berjuang buat survive di IKK. :D
and I'm proud to be here \^o^/
ilmu yang selama hampir 3 tahun saya dapati dari dosen yang luar biasa yang sudah menjadi penasehat dan pakar-pakar di pemerintahan dan lembaga lainnya memberikan aroma yang berbeda di kehidupan saya. dan itu membuat kita berbeda dengan jurusan lain. karena kita satu-satunya di Indoneseia yang mempelajari Keluarga, anak, dan konsumen dalam satu payung. :)
dengan keahlian yang gak sedikit yang diajarin dosen-dosen kita, membuat kita begitu berharga.. hehe
keahlian apa aja itu?
1. pengukur perkembangan anak
2. konsultan (keluarga, anak, pendidikan, siswa/mahasiswa, pernikahan, money man, fam-money man, dll). tau mobil curhat di Bogor? itu kerjasam dengan IKK  dan yang ngisi kita :D
3. riset konsumen.
an so on :)

lulusan ikk? guru ok, wirausaha ok, banker ok, jurnalistik ok, dosen ok, consultan ok, manager ok, pns ok,
any else? just tell and IKK freshgraduate insyaa Allah can make it. ^o^b

so, bangga deh jadi IKK :D i'm proud to be part of IKK \^o^/

Tidak ada komentar: