Kamis, 06 September 2012

first experience in consumer behavior

Nanda Amalia's notes on Consumer Behavior class

lecturer : Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc
(http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/)

Department of  Family and Consumer Sciences
Collage of Human Ecology
Bogor Agricultural University

Semester Sep 2012-Jan 2012

Based on : Consumer Behavior text book by Ujang Sumarwan





  • About my lecturer:

žUjang Sumarwan, lahir di Jakarta 16 September 1960 dari pasangan Almarhum Muhammad Salim dan Hj. N. Ratnasih. Ia memperoleh gelar Sarjana Sosial Ekonomi Pertanian dengan konsentrasi Agribisnis dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1985 dan gelar Master of Science bidang Household Economics pada tahun 1990 dan gelar Doktor bidang Perilaku Konsumen pada tahun 1993 dari Iowa State University, Ames Iowa Amerika SerikatIa diangkat menjadi Guru Besar Ilmu Perilaku Konsumen pada 1 Mei 2005.  Sejak tahun 1994 mengembangkan penelitian dalam bidang perilaku konsumsi pangan dan perilaku pembelian dan penggunan berbagai produk dan jasa, serta berbagai penelitian lain yang berkaitan dengan perilaku konsumen. Pada tahun 2003 menerbitkan buku teks yang berjudul Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Buku tersebut telah dicetak ulang yang kedua pada tahun 2004, dan cetak ulang ketiga serta edisi revisi kedua pada tahun 2011.  Ia adalah Sekretaris Tim Penyunting Buku Pemikiran Guru Besar Institut Pertanian Bogor: Persfektif Ilmu-ilmu Pertanian dalam Pembangunan yang diterbitkan pada tahun 2008 oleh Dewan Guru Besar IPB dengan Penebar Swadaya dan IPB Press. Buku tersebut berisi kumpulan pemikiran yang ditulis oleh 104 Guru Besar IPB. Ia adalah salah seorang penulis dari buku Pemasaran Strategik: Strategi untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham yang diterbitkan Inti Prima tahun 2009. Ia juga salah satu penulis dari buku Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja yang diterbitkan IPB Press tahun 2010, kemudian dicetak ulang yang kedua pada tahun 2011ž
žIa juga adalah salah seorang penulis dari  Buku Seri 1 Riset Pemasaran dan Konsumen: Panduan Riset dan Kajian Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas dan Persepsi Resiko. Ia adalah Kepala Bagian Ekonomi Konsumen dan Perilaku Konsumen, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia IPB. Saat ini Ia adalah salah seorang Staf Pengajar bidang Perilaku Konsumen dan Pemasaran dan menjabat  Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sejak Agustus 2008 di Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPBIa juga anggota Senat Akademik IPB dan anggota Senat Akademik Fakultas Ekologi Manusia IPB serta anggota Majelis Wali Amanat IPB Periode 2008- April 2012. Ia mengajar mata kuliah Perilaku Konsumen di Program Sarjana, Magister dan Doktor di Institut Pertanian Bogor, dan di Program Magister Manajemen Universitas Sumatra UtaraIa juga mengajar mata kuliah Manajemen Pemasaran, Metode Riset Bisnis, Riset Pasar, dan Metode Penelitian Konsumen di IPB.  Selain aktif mengajar, Ia juga aktif menjadi pembimbing disertasi dari beberapa mahasiswa Program Doktor dan pembimbing tesis dari mahasiswa Program Magister Institut Pertanian Bogor.  Ia telah meluluskan 11 mahasiswa doktor, dan lebih dari 100 mahasiswa magister. ia juga menjadi pembicara seminar dan fasilitator dan instruktur pelatihan di berbagai forum.  Keluarga : Ia menikah dengan Dra. Hj. Deni Purnawati pada tanggal 25 Oktober 1987 dan dikarunia dua putra : Hada Syaairillah lahir di Bogor 14 Desember 1989 dan Abdurroziq Naufal lahir di Bogor 13 Juni 1998. Saat ini ia tinggal di Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor (berlokasi sekitar 25 km arah Barat kota Bogor atau sekitar 10 km arah Barat Kampus IPB Darmaga). Email : sumarwan@mb.ipb.ac.id
ž 


Homework
  • Interesting topic on class today

First, my lecturer told me about introduction to consumer behavior. the highlights of what he had to say today is the way out for the country doing seminars there, and he has published a book this year as an achievement. what he said was makes students excited and wants his students to go out of the country, and do not forget he encouraged his students to make a passport and could soon be out the country to study.

  • mentioned trend among young people, either side or the other mode
I think the trend for young people today is what is used by the artist. they try to get items that are trends and artists used to be able to look fashionable and fashionable now. moreover another Korean fever, so many are affected by life, style of dress. such as bags, clothing, accessories, watches, shoes, etc..

  • why choose college after high school
other than to meet the parent's request, I want to get the knowledge that is useful for my future and to improve the quality of my life in the future.

  • why choose IPB
The first time I know IPB when my sister entered IPB as well and I motivated after seeing motivation vidio of Danang Amber Prabowo. besides, IPB have rare majors in Indonesia. A great campus life, Islamic, support me to become a better human being, and also the blessing of  Allah SWT and my parents who made ​​me choose IPB.

  • why choose Family and Consumer Sciences
well, before I get in IPB, I asked my sister about her major, family and consumer sciences. so, i have a little description of ​​this department. first, I wanted to be a kindergarten teacher, but i was not given permission by my parents. then I wanted to be a teacher, but i did not pass in the teacher's major, instead passed in agribusiness's major through local legislation. Eventually, I graduated at the IPB in the department of family and consumer sciences. and my parents advised to took this major because it can be a teacher too. and I believe that Allah SWT has a secret about my life and this is the best direction for me and my family later.







Tidak ada komentar: